Thursday 29 March 2012

Letter to the Hebrews (just my random thought)

So, kemaren I was wondering about who was the author of the letter to the Hebrews alias surat kepada orang Ibrani kalo pake bahasa gue mah. This letter was a bit different, and its author is mysterious. Mungkin kebanyakan orang berasumsi bahwa penulisnya adalah Paul, karena surat-surat sebelumnya adalah Paul's letters. But gue gak yakin kalo penulisnya adalah Paul. 
Pertama, Paul selalu greets the readers and clearly states that the letter was from him (cek semua surat-surat dia terdahulu). So, anonymous was not his style. Apakah mungkin Paul iseng kali ini gak kasih nama? I don't know
Kedua, gaya penulisan dan bahasanya tidak seperti gaya bahasa Paul. Openingnya lebih mirip tulisan John (baca kitab John and his first letter (1 John) ). Tapi again, gak ada bukti juga bahwa itu a letter from John. 
Tapi kalo kata temen gue sih penutupnya agak-agak mirip ama suratnya Paul.
Bukti-bukti authorship dari Hebrew ini susah diketahui dari isi suratnya sendiri although I think ada beberapa clue implisit sih:
 * He knows Timothy (Heb 13:23)
 *He might be in Italy (Heb 13:24). I said "might", karena belum tentu juga dia di Italy. Yang kirim salam dari Italy itu bisa jadi orang-orang yang ada di Italy bilang ke dia untuk nitip salam (tapi dia sendiri gak di Italy), bisa juga orang-orang yang kirim salam itu lagi bersama-sama dia di Italy.
*Dia mungkin bukan salah satu dari apostles (Heb 2:3) ...this salvation, which was first announced by the Lord,  was confirmed to us by those who heard him. Tapi ini juga asumsi sih. Si penulis bisa aja ngomong gitu untuk membahasakan reader-nya yang notabene gak menjadi saksi langsung.

Lalu gue mencoba mencari rekam jejak para rasul di Kisah Para Rasul, untuk mencari kira-kira siapa aja yang kemungkinan kenal Timothy, dan pernah ke Italy. But that doesn't help me to narrow it down though
Then, while I was still thinking about this, I tried to google it. Ternyata emang ini udah sejak lama jadi misteri. Coba aja google the writer of the letters to the hebrews, pasti banyak yang keluar. Memang, its authorship masih tetap misterius, but its a great letter, a very strong one, nonetheless. Nah, sementara sodara-sodara semua ikut mikir juga, meneliti, mempelajari, dan mencari-cari juga, saya mau tidur dulu yah. Sekian edisi random thought di tengah malam.

2 comments:

  1. Kalau menurutku kemungkinan salah satu murid Paulus, karena cara menulisnya sedikit mengandung gaya menulis Paulus, ada yg bilang kalau yang menulis Apollos, salah satu pengikut Kristus yang sempat bertemu Paulus :) heheheh~

    Itu juga masih perkiraan aja, yang pasti orang yg menulisnya sangat paham dengan sejarah bangsa Israel dan pola pikir bangsa Israel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang ada banyak perkiraan dari para scholars yang meneliti ini. Gue jg lagi baca banyak artikel ttg itu. Ada yang bilang itu Paulus, tapi ada yang bilang beberapa figurative words yang digunakan di Hebrew gak seperti Paulus punya, they are much more sophisticated. Ada yang bilang juga ini sermonnya Paulus yang ditulis oleh salah satu audience nya. Well, let it be mystery. Tapi yang penting we treat it as something that is inspired by Holy Spirit kan, no matter who penned it. Thanks for dropping by Anita!

      Delete