Saturday 13 February 2010

Improving Your Landscape Photography

I have a new hobby since I came to Sydney : photography. It's really fun for me, just for relax and find some inspirations in composing pictures. This time I just wanna share some photography tips, especially for those who loves landscape photography.














As an amateur, I love to read and learn any tips about photography, and this digital photography school site is one of my favourites.This article is summarized from Digital Photography School, by Darren Rowse. For those of you who wants the english version, you can go to this link 
http://digital-photography-school.com/11-surefire-tips-for-improving-your-landscape-photography
Naaahh...kali ini gue nulis pake bahasa indo aja yah, hehehe....

Semenjak disini, gue punya hobi baru yaitu poto-poto. Seru juga sih..., tapi kadang capek kalo misalnya lighting gak mendukung, ato kalo tiba2 ujan. gue nya sih keujanan gak papa, tapi gear nya sayang, hehe :D. Well, gue cuman mau share sedikit tips ttg landscape photography, ni gue ambil dari link di atas.
Landscape photography cukup banyak peminatnya, termasuk gue. Gue suka poto2 pemandangan yg bagus2...yg sometimes they just beg to be photographed. Tapi kadang landscape ini cukup challenging. Nah, ini ada beberapa tips dari kang Darren Rowse, guru gue, hehe :)

1. Maksimalkan Depth of Field
Caranya simpel, pilih setting aperture terkecil (nomornya besar) sehingga depth of fieldnya besar. Tujuannya supaya gambarnya fokus dari depan sampe belakang, dari foreground sampe background.  Well, tapi inget, aperture kecil berarti semakin sedikit cahaya yg masuk, konsekuensinya shutter speednya jadi lambat. Kalo gk mau gambarnya blur gara2 shutter speednya kelambatan ya kudu digedein ISO nya, biar shutter speednya cepet dikit.

2. Pake Tripod
Kalo kita pake aperture yang kecil, konsekuensinya biasanya kita jadi kudu pake slow shutter speed. Buat memastikan kamera bener2 gak goyang selama ngambil gambar, kita butuh yang namanya tripod. Kalo mau lbh memastikan lg biar bener2 gak goyang (camera blur), pake tripod dan pake remote. Kadang ada bagusnya juga shoot pake low shutter speed, krn bisa dapet efek motion blur, terutama klo air terjun, ombak, ato light trails. Tapi inget, pake tripod :D

3. Cari focal point
Semua foto perlu semacem focal point, ato point of interest dari poto itu, termasuk juga buat landscape, karena tanpa focal point, foto-foto landscape akan garing, ato kosong. Jadi orang yang ngeliat juga capek krn gk nemu2 sesuatu yg menarik perhatian matanya. Focal points bisa macem-macem, misalnya bangunan, pohon2, siluet, orang, bunga2, warna tertentu, dan lain-lain. Pikirkan juga komposisi dimana kita mau naro si focal point itu. Mungkin rule of thirds bisa berguna dsini.

4. Pikirkan foregroundnya
Salah satu elemen yang bisa membuat foto landscape kita berbeda dari yg lain adalah foreground yang dipilih dengan cermat, dan dgn meletakkan point of interest di foreground itu. Dengan begitu bakal bisa lebih menarik perhatian orang2 yg ngeliat foto kita dan juga memberi perspektif pada gambar kita.

5. Uhmmm...pikirkan langitnya
Elemen lain yang perlu dipikirin adalah langit. Di beberapa poto landscape biasanya yang dominan tuh kalo gak foregroundnya ya langitnya. Kalo langitnya keliatan membosankan, misalnya mendung2 gak jelas, abu2 (paling sebel tuh klo langit yg begitu) jangan biarkan langit yg mendominasi komposisi, taro aja di sepertiga bagian atas. Kalo langitnya keliatan keren..., dramatis.., trus awan2nya juga keren, nah boleh tuh horizonnya ditaro lebih ke bawah. 

6. Garis garis garis garis garis ---------------------------------------------------------
Salah satu pertanyaan yg perlu kita tanyakan pada diri sendiri sebelum jepret adalah : gimana gue mau ngarahin mata orang-orang yg bakal ngeliat poto gw ini? Ada banyak cara buat nglakuin ini (foreground salah satunya), tapi salah satu cara paling mujarab adalah kasih garis-garis yg ngarahin mata si pengamat ke kedalaman poto itu.













Garis-garis bisa memberi kesan kedalaman, skala, dan bisa jadi point of interest juga dgn memberi pola pada gambar.

7. Capture Movement (bingung gw bahasa indonesianya jadi aneh, haha :D)
Kadang orang klo mikirin soal landscape, mereka mikir soal tenang, tentram, adem ayem, dan lingkungan yang pasif. Tapi landscape biasanya jarang yg bener2 diem, dan sebenernya kalo kita bisa nangkep movement ini bisa nambah mood, ngasih point of interest, dan mendramatisir gambar. Contohnya angin yg meniup dedaunan, ombak di laut, air yang mengalir ato air terjun, burung2 beterbangan, awan yg berarak2 dst. Buat bisa nangkep movement ini biasanya kita butuh slow shutter speed (kadang bbrp detik), dan artinya lbh banyak cahaya yang masuk. So, buat kompensasinya, kita pake aperture yang kecil, pake filter, ato potonya pas agak gelapan dikit.

8. Manfaatkan Cuaca













Pemandangan alam bisa berubah dramatis bergantung cuaca pada suatu waktu tertentu. So, milih waktu yang tepat buat hunting tuh penting bgt. Kebanyakan newbie (kyak gw) mikirnya klo sunny day tuh waktu yang paling bagus buat hunting poto soalnya langitnya biru getu lohh...
Tapi kadang hari yang mendung dan hampir hujan bisa ngasih peluang buat kita berkreasi menciptakan gambar yang punya mood. Coba cari dimana ada badai, angin, kabut, awan yang dramatis, matahari yg bersinar di balik awan kelabu, pelangi, sunset, sunrise, dst. Coba manfaatkan variasi kondisi-kondisi ini, dan gk cuman nungguin langit cerah dan sunny sunny day ajah. Tapi ati2 kalo ujan yaah..., awas kameranya basah, hehe :D

9. Manfaatkan golden hours
Golden hours (sunrise en sunset) ini bagus banget buat landscape photography (buat portrait juga sih) karena dia ngasih golden light. Trus alasan lainnya adalah karena sudut jatuhnya cahaya di waktu-waktu ini tuh bisa ngasih warna tersendiri di gambar, menciptakan pola2 yg menarik, dimensi, dan tekstur.

10. Horizon
Sebelum ngambil gambar, pikirkan horizonnya :
  • udah lurus apa belum? well meskipun jaman sekarang nglurusin horizon bisa pake software, tapi akan lbh baik klo kita bisa ngambilnya lurus pas jepret.
  • gimana komposisinya? biasanya horizon ditaro di komposisi 1/3 dr atas ato 1/3 dr bawah, dan jarang pas di tengah-tengah. Tapi rule of thirds gak selalu berlaku koq, kadang aturan itu ada untuk dilanggar (utk konteks ini aja loh ya). Tapi kalo gambarnya gak bener2 mantep, rule of thirds masih ttp membantu dsini.
11. Ubah Point of View kita
Kadang kalo kita hunting neh biasanya nyari tempat yg pemandangannya keliatan bagus, trus keluar dr mobil buru2 ambil kamera, trus zoom sana sini, puter sana puter sini, jepret sana jepret sini, trus udah...pergi lagi ke tempat laen. Tapi kadang yg model begini jarang menghasilkan "WOW shot" yang dicari.
Coba deh...sekarang lebih nyantai dikit, luangkan waktu lebih banyak, cari point of view yang unik. Mungkin dengan menemukan spot yang berbeda untuk motret, misalnya dengan menelusuri jalan2, jepret dari low angle, ato top angle. yaah..., meskipun mungkin kudu korban merayap2 di tanah,ato manjat2 pohon, hehehe. Explore aja'h dunia sekeliling kita dan coba-coba eksperimen buat nemuin sesuatu yg unik. Okeh?!!!
Taken from : Digital Photography School (link inserted above)
--------------------------------------------------------------------------------------
Jadi gimana sodara2, rekan-rekanku sebangsa dan setanah air, sesama photographer, baik yg amatir, maupun pro, ato yg tengah2? hehehe. semoga tips2 ini berguna. kalo ada yg punya tips yg lbh yahud lagi, boleh lah bagi2 :D
Kalo mau liat2 contoh hasil belajar gue, bisa liat di gallery gue di blog ini yg nge-link ke album flickr gue. Well, selamat berkreasi...., and have fun with your cameras! :D

No comments:

Post a Comment