Friday 10 December 2010

Jalan-jalan ke negeri Kiwi

Last week gw sempet jalan2 ke negara tetangga, NZ, puji Tuhan...it's all by His grace. He gave more than I expected. dulu cuman minta ke Oz, dikasih bonusnya ke NZ. I spent 9 days disana, bareng temen-temen gw Cecil, Mei, Adit.

Day 1 : nyampe di Christchurch Airport, jalan2 di Christchurch. Bekas-bekas gempanya dah gak keliatan. kota ini kota kecil yg sangat asri. kalo seneng tinggal di kota kecil, CHC ini tempat yg ok lah.
pas pertama nyampe di CHC airport, jelas poto2, hehe. trus naik taksi, sopirnya cewek bo..., ibu2 yg cukup ramah dan berasa jadi tour guide singkat kami menuju motel. Pas udah nyampe motel, we're happy to unpack our luggage. cihuuuyyy....we're in NZ finally :).
trus habis itu keluar motel cari makan, maaakk....baru jm 5 sore dan jalanan udah sepi. terpaksa kami jalan ke city centre nya nyari mal (teteepp..).
city centrenya namanya Cathedral square. kenapa dinamai itu? ya karena ada cathedralnya spt gambar di samping, hehe. yah, Day 1 cuman muter2 Christchurch, dan cari oleh2 tentunya, keluar masuk toko.


Day 2 : Edoras Tour
Whoohoooo, sebagai fans berat Lord of The Rings we're so excited about this tour. Dan emang worth it lah. Tour guide kami baek dan lucu, namanya Paul. kami dijemput dari CHC naek 4 WD. pemandangannya selama perjalanan kereeen bo...., trus pas nyampe di Mt. Sundays (lokasi syuting Edoras), pemandangannya jg kereeen. gak salah emang tempat itu dijadiin lokasi syuting buat Edoras, yg katanya emang memenuhi 4 deskripsi Edoras spt yg ada di bukunya Tolkien.

 

yak, gambar yg atas itu Mt. Sundays. yg di bawah itu ya Mt. Sundays jg tapi dr jarak yg lbh jauh, hehe. Trus yg paling penting tuh poto ini nihhh...., mengibarkan bendera Rohan di atas batu tempat Golden Hall dulu dibangun :D (hanya fans LOTR yg ngerti kali ya)


Day 3 : Road Trip Christchurch - Queenstown
Ini nih salah satu scenic route yang pantang dilewatkan. yaaah, secara gw belom bisa nyetir, I was just happy to sit on passenger seat as a map girl :p. Pemandangannya ajip-ajip (minjem istilah temen2 gw). This scenery was just begging to be photographed.

di antara CHC-Queenstown driveway itu, ada danau2 yang oke punya. airnya beniiiing banget, trus gunung2 bersaljunya juga keliatan nun jauh disana. namanya Lake Tekapo ama Lake Pukaki.


One day, gw pengen balik lagi kesana nih, pas autumn, pasti cantik deh, dengan daun2 yg kuning dan merah itu, hmmm....
Trus kami nyampe di Queenstown jam 7 mlm kalo gak salah. Untungnya pas summer, jadi masih terang benderang. sunsetnya aja jam 9 mlm. Queenstown itu bener2 kota wisata deh. Letaknya di tepi danau Wakatipu, trus dikelilingi bukit jg. Motel tempat kami nginep tuh belakangnya langsung hutan pinus dan bukit-bukit. Ada jg rumah2 yg di atas bukit. Itu kotanya kecil, tp isinya banyak. Shops, bars, restaurants, motels/hotels/inn, pokoknya segala sesuatu yg mendukung tourism. Kalo ada yg suka extreme sport, Queenstown tempat yg asyik tuh. Ada rafting, jet boat, bungy jumping dll. Seperti biasa, gw, Mei, Cecil, keluar masuk toko, sementara Adit memilih utk duduk2 di tepi danau menunggu sunset sambil accidentally menghapus poto2 Day 1 dr memory cardnya, huehuehue, keciaaan deh.

Setelah perjalanan seharian yg melelahkan, hari itu diakhiri dengan menikmati sunset dan fine dining makan steak, hehehehe :D.
nyenyak deh tidurnyaaa....

Day 4 :  Milford Sound and Te Anau
Hari ke-4 ini kami ke Milfor Sound. Tapi sebelumnya kami ke Te Anau dulu. Te Anau ini juga danau. tapi sayang, pas kesana pas mendung, jadinya langit dan airnya kelabu. mana dingin banget boo, padahal summer tuh. Akhirnya di Te Anau cuman bentar, nyari hot chocolate sambil keluar masuk toko suvenir (lagi???). gw siy cuman keluar masuk doank lho yaa... tapi ada tuh yg keluar masuk selalu bawa tentengan, hihihi (siapa yaa??).
Trus hbs itu kita ke Milfor Sound. dsana naek boat cruise, muterin selat, sampe ke Tasman Sea, trus balik lg. ini nih potonya Milford Sound yg gw liat dr google (taken from travlang travel guide)

tapi kayaknya ini ngambilnya pake helikopter deh. soalnya kalo gw naek boat cruise, airnya gak mungkin setenang itu, jadi gw gk dapet reflectionnya. Tapi emang pemandangannya ajib bgt siy. ada air terjun2nya juga, trus ada singa laut yg lg baring-baring di batu-batu karang...., lucu deh.


Nah, kalo gambar yg sebelah kanan ini poto yg gw ambil sendiri dari atas boat nya.Keliatan kan riak2 airnya yg bekas dilewatin kapal.jadi mana mungkin gw dapet gambar air setenang air yg di atas....
but tetep keren koq viewnya..., sumpee..
Day 5 : Saatnya meninggalkan Queenstown, huhuhuhu. 
Pengennya sih lebih lama disana, tapi the road trip must go on. dan kendala duit juga siy, kalo lama2 gak cukup budgetnya, hihihi. Akhirnya kami meninggalkan Queenstown, dan driving ke west coast, menuju Greymouth. Pemandangannya sepanjang jalan juga gak kalah ok. Diantaranya kami lewat gunung, lembah dan danau. Ada Cardrona Valley, Lake Wanaka, sama Lake Hawea. Seperti biasa, photo sesion dah gak kehitung deh di tempat-tempat itu. 

Trus kami lewat juga ke Fox Glacier. Sempet jalan bentar mo liat Glaciernya, tapi berhubung jarak tempuhnya sampe ke deket Glaciernya 1 jam return, ya terpaksa kami mengurungkan niat, dan hanya memotret dari kejauhan. takut ntar gak bisa nyampe di Greymouth tepat waktu.
Akhirnya kami nyampe jg di Greymouth jam 7ish lah. trus langsung cek-in di motel. Itu kota emang sepi banget. ditambah lagi hbs ada tragedi Pike River mining. kebetulan hari itu paginya ada upacara gtu buat mengenang para korban mining yg meledak itu.
Yak, at the end of Day 5, kami pisah sama Adit. Dia bergabung sama rombongan temen2 dia yg laen di North Island di hari berikutnya, dan kami pun menempuh jalan yg berbeda.

Day 6 : Road Trip to Picton
Kali ini kami cuman bertiga, cewek-cewek. Si Mei dah gak ada back up, jadi dia nyetir sendiri selama 3 hari, berhubung gw ama cecil sama2 gk bisa nyetir, hahaha.
Di perjalanan, sempet mampir ke Danau (lagi). 
Namanya Danau Rotoiti. Nama-nama di NZ ini emang semuanya kayaknya diambil dr bahasanya orang Maori deh, which is penduduk asli mereka. Anyway, Danaunya juga beniiiiing banget. kalo bawa baju renang mah udah nyebur kayaknya. Berhubung gak ada org ke-4 yg bisa motoin, jadi ya pake self timer aja dehini potonya.
Trus sampe di Picton Ferry, we kissed our car goodbye. not our car siy, mobil rentalan maksudnya. Trus kami naek ferry deh, nyebrang ke North Island dan mendarat ke Wellington. Wellington itu ibukota NZ (hayooo, sapa yg gak tau???). Tapi emang Wellington itu kota kecil siy. Cuman dia punya platform 9 3/4 loh di Stasiunnya, hehehe. serius....
Akhirnya malem itu nginep di motel di Wellington. cuman numpang tidur aja siy, paginya langsung cabut lagi jm 8 am.

Day 7 : Wellington and Taupo
Kami rental mobil lagi di North Island, kali ini dapetnya Toyota Corolla. kalo kmrn do South Island dapetnya Toyota Rav4. Hari ini kami keliling2 Wellington City (susah bo cari parkiran yg murah). Alhasil kami parkir aja di museum, trus jalan2 keliling city. keluar masuk toko (again??!!). Udah puas di Wellington, kami menuju Lake Taupo yg kayaknya siy yah danau terbesar di NZ. Hmmm...., perjalanan di North Island ini buat gw udah antiklimaks. Mungkin karena mata gw udah disuguhi pemandangan yg wow di South Island, pas liat North Island jadi biasa. yaaa...bagus juga siy, tapi buat gw South Island lebih mengena di hati (jiaahhh...). Tadinya excitement udah hampir hilang. (NB. cuman Mei yg terus berkali2 memuji pemandangan di North Island ini. Gw ama cecil no comment, hahaha). Tapi untunglah kami bertemu gunung2 bersalju lagi, yg juga jadi salah satu lokasi film LOTR, tempatnya Mt. Doom. trus berhenti deh foto2 bentar..., hehehe. 

Ini poto pemandangan di tepi jalan siy. Gw gk dapet poto gunung yg bagus di North, soalnya kehalang kawat listrik mlulu. Fyi, North Island ini lebih civilized, lbh banyak penduduknya, jumlah mobil yg lewat2 di jalannya jg lbh banyak. unlike di South Island dimana sepertinya mobil kami sendirian waktu itu. depan belakang gak ada mobil laen yg keliatan.
Nyampe di Lake Taupo, mendung. Jadi ya udah, cuman ke motel, mandi trus cari makan.

Day 8 :  Hobbiton Tour
Untunglaahh...ada Hobbiton tour ini di North Island, jadi masih ada sesuatu yg dinanti-nantikan. Seperti namanya, tour ini membawa kami ke lokasi syuting LOTR, tempat dimana para Hobbit berdiam. Lokasinya di Matamata. Tournya seruuu, tapi sayang, poto2 rumah2 hobbitnya gak boleh di-uplod due to confidentiality agreement with New Line cinema.
Habis liat-liat rumah hobbit, kami liat demo pengguntingan bulu domba, trus ngasi minum susu si anak-anak domba yg lutju-lutju itu,....
Habis dari Hobbiton tour di Matamata ini kami langsung menuju Auckland yang jaraknya cuman 2 hours drive. Auckland ini kota besar, mirip-mirip Sydney lah, cuman lebih teratur aja. Awalnya gw ngeri jg nih ama Auckland, berhubung ini kota satu-satunya yang petanya gw blm pelajari. Tapi untunglah gak serumit yg gw kira, jadi belajar peta langsung di lapangan pun masih bisa tanpa nyasar. paling cuman salah belok dikit, hehe :D.

Day 9 : Auckland
Sedihnyaaaa, hari ini harus packing total. Jadi acara hari ini cuman keliling2, poto2 di Auckland, liat2 toko-toko di city, trus ke one tree hill domain. Gw dah berharap liat one tree hill beneran, tapi ternyata di atas hillnya yg ada cuman monumen aja. Konon katanya disitu emang pernah ada 1 pohon di puncak bukit, tp kata temen gw pohonnya udah mati kesamber petir, jadi diganti monumen. Kami mengurungkan niat utk naik sampe ke atas bukitnya, berhubung waktunya mepet. jadi ya cuman poto2 bentar di bawah pohon, trus langsung heading ke Airport..., balikin mobil rental, trus cek-in deh, then  fly back to Sydney....
Hmmmm...., sedih juga liburannya berakhir. tapi bersyukur udah dikasih kesempatan liburan. May be one day I'll be back :D.

4 comments:

  1. mantepp chaa,,
    huhuhuhu,,jadi teringat lagi liburannya.eh kita komentar lagi pas roadtrip di northland,komennya seputar:'yah begini doang nih?'..'lho mana gunung saljuya?".hahaha..

    ReplyDelete
  2. kakaaaaaaa cantik kalipun foto2nya :D huuooo...diIndo jg kynya ada deh yg kaya gt, tapi blm trekspos aje hehe :D dtggu crita2 lburan yg lainnya kk :)

    ReplyDelete
  3. Motonya pas pagi2 untuk dapat refleksinya. Gak perlu naik helikopter, dari tempat keberangkatan redboat cruise/scenic cruise juga bisa. Berangkat jam 6-an pagi dari Te Anau, nyetir sendiri. Dua jam perjalanan kan sampe di MF Sound. Kalau gak ada angin dan langit biru cerah, pasti dapet refleksinya.

    Senang ya bisa ke NZ, masih banyak tuh yang belumdi eksplore. 9 days is not enough.

    ReplyDelete
  4. @Rudi : thanks comment nya and thanks for dropping by. gtu ya?hehe, baru tau. soalnya waktu itu kami naek boat cruise jadi ya yg kena poto ya riak2 di belakang boat nya, haha.
    iya, 9 days emang gk cukup. pengen kesana lagi

    ReplyDelete