Sunday 10 October 2010

Chapters of my life

Iseng-iseng mengenang masa-masa and chapters of my life...
today is 10-10-10. banyak orang punya angan2 mau nikah di tanggal cantik ini. ada yg kesampaian, ada yg kagak. kalo gw jelas gk berharap nikah tgl 10-10-10, karena gw tau...kuliah gw pasti blm kelar tgl segini, hehehe.
But nevertheless, gw pengen mencoba mengenang tiap chapter of  my life. sampe di chapter brp sih book of my life di tgl ini. *kalo thesis siy sampe saat ini chapter 1 aja blm kelar @_@ ;p*.

1. Childhood
early stage of my life.., kenal yg namanya keluarga, temen2, tetangga, dll. pokoknya memulai interaksi sama manusia yg laen. my senses started to recognize their functions.
waktu kecil gw sering di-dzolimi ama kakak2 gw (resiko anak paling kecil). trus gw suka melukis di seluruh tembok rumah, dengan lukisan standar anak TK...dan gak mo ngaku kalo itu gw yg gambar2 di tembok. gw bilang itu kakak gw yg gambar2..., tp ttp aja papa mama tau kalo gw oknumnya, hihihi.

Gw rajin bgt sekolah minggu, sampe selalu jadi anak kesayangan suster-suster di sekolah minggu. Trus pernah pas natalan sekolah minggu kan ada drama kelahiran Yesus. tadinya gw kebagian peran jd pemilik rumah penginapan yg gk mau ngasih tempat berteduh buat Yusuf n Maria..., hehehe...gw nangis dunk..., ngambek, gk mau dpt peran jahat. Alhasil..., akhirnya gw jadi malaikan Gabriel, hahahaha ^_^.
Gw juga rajin Pramuka dan Dokter kecil. Foto diatas itu foto pas outbound Pramuka. hayoo....gw yg mana?hehehehe.
Banyak sbnernya poto2 masa kecil gw, tp gk dibawa, hiks2.
Gw mulai pelihara anjing dan kucing waktu TK/SD kayaknya. Biarpun seluruh rumah gak ada yg suka kucing gw (karena dia bandel)..., gw selalu belain dia, hehe. Yah, masa kecil...masa yg menyenangkan, masa yg konyol, yaah...namanya jg anak2....


2. Junior High.., SMP, teenager...
Hmmm...., masa-masa SMP ini mulai muncul bibit2 kebandelan. Beberapa kali bolos dr kelas, cuman buat nongkrong di kantin, makan..., karena males dengerin pelajaran (duuh...maap ya pak guru..bu guru). Tp untungnya prestasi gw di SMP lumayan membanggakan lah. Dsini gw mulai tau yg namanya kompetisi di bidang akademik. mungkin karena lingkungan di-set begitu kali yah.



Hahahaha, poto di atas itu pas di Kuta, Bali. culun-culun bgt yak. itu pertama kalinya gw piknik ke Bali, sama temen2 SMP. Berkesan bgt, krn sebelum berangkat piknik, gw maju final lomba cerdas cermat SMP tingkat propinsi Jateng dulu bareng temen gw Estie n Ahmad (Alm.). Kami Juara I, yaaayy...dan pulang bawa Piala. trus pas nyampe di sekolah, naro piala, langsung cabut ke Bali deh..., senangnyaaa...
yang gw inget dr SMP yaa...namanya jg teenager yah, pasti ada pubertas, trus ada bandel2nya dikit lah....


3. Nostalgia masa SMA....
Hmmm...., apa yaa..., banyak yg terjadi pas SMA. yang pasti ini pertama kalinya gw tinggal jauh dr ortu, berhubung sekolah gw asrama. jadi ya gw belajar mandiri. SMA gw makin bandel, tapi untungnya seimbang lah ama otak (puji Tuhan), at least gw masih bisa buat ortu gw bangga, hehehe. Sekolah berasrama somehow membuat gw belajar disiplin, tapi disisi laen jg membuat gw belajar mencari celah2 dr peraturan2, jadi bisa dilanggar2/dibelok2in dikit laaah....


 SMA..., I learnt about friendship, freedom, science, art, trus cinta monyet, haha (yg terakhir gk penting bgt yak). Some random things yg pernah gw lakuin pas SMA : ngemper di stasiun tugu Jogja, naek gunung, survival n pura2 jadi pembantu rumah tangga. Rambut gw pernah pendek bgt kayak potongan rambut cowok pas SMA, jd gw terkenal tomboy bgt (sayang gk ada fotonya). jadi kalo maen drama di Asrama putri, gw selalu kebagian peran jadi cowok ganteng, hahaha.....
Gw sering lompat pagar asrama malem2 sama bbrp temen asrama putri yg laen, karena keluar asrama melewati batas jam bebas yg ditentukan. kong kali kong ama bapak penjaganya, hehe :D. Ohh...ya, pernah juga bikin kelompok diskusi sama tmen2 waktu kls 3. diskusinya bkn ttg pelajaran siy..., tp ttg karya sastranya Nietzsche, intinya mempertanyakan 'does God really exist?'..., hehehe, gk penting bgt yak. 
Well, itulah sekelumit random facts ttg gw masa SMA.


4. Bandung...., lautan api
This place marks some important stages of my life. But most importantly...this is the place where God brought me to know Him personally, and changed my life. I know that He loves me no matter what..., with an unconditional love. This love that has saved and changed my life.
By His grace gw akhirnya masuk di Teknik Kimia ITB thn 2002. Gw stay di Bandung kurang lbh 6.5 thn, dr mulai kuliah, sampe 2 thn setelah lulus.





Dsini gw pertama kalinya lahir baru, dipulihkan, dan mulai aktif di pelayanan. I found true brothers and sisters in Christ. This place marked my spiritual journey. Banyak kenangan2 indah di Bandung, masa2 penuh api menyala-nyala, tapi ada jg masa-masa yg menyesakkan. Dsini aku belajar ttg iman. How to believe in God's promises even when you can't even see anything close to the fulfillment. Dengan iman aku berhasil Kerja praktek di Sorowako, Sulawesi. dgn iman aku berhasil lulus kuliah. dgn iman akhirnya aku bisa dpt beasiswa utk lanjut ke jenjang Master. But there were also some weakness moments. Dsini gw bener2 sadar, bahwa the only hope is in Jesus. Ada jg masa-masa penantian..., terutama pas hbs lulus kuliah, menentukan mau kerja ato mo ngapain. sampe akhirnya Tuhan tunjukkan jalan buat aku ambil S2. Belajar sabar.... At least in this case, the waiting finally came to an end, dan ada hasilnya. Ada juga masa-masa dimana penantian serasa sia-sia.., and I have to deal with unfulfilled expectation. But in the end, God taught me to let it go..., let go of something I once held dear but unnecessary for my future. to let go of all the burden that shouldn't be mine. Just let go of yesterday, and trust God for the unknown future..... That moment is just right before I left and start a new chapter of my life in a new place. God is just so faithful. He lifted me up..., and fixed my brokenness.
So, in conclusion, I learned about faith, hope, love, and also Christ-like characters. I learned a lot...


5. Sydney..., a new paradigm
This place changed how I see the world and people. Ketemu orang-orang yang beraneka ragam suku, ras, bangsa, bahasa, culture, etc..This is the awakening moment. Mata dan pikiran gw banyak dibukakan ttg realita. Roh Kudus banyak mengajari aku bagaimana memandang orang as how He sees them. This is the place where I have acquired new skills, something that I will use to meet people's needs.  Heaven is preparing, humanity is waiting. God brought me here to show me where my passion is..., passion that comes from His own heart. Banyak belajar hal2 baru..., skills baru..., hmm..., benar-benar banyak belajar....


  
By His grace jg, gw dapet banyak keluarga baru dsini, brothers and sisters in Christ. Planted in His awesome church. Got a chance to meet and know awesome friends from all around the world, got a chance to travel a lot :), ohh how blessed I am.....
And I'm sure God is equipping me with all the things I need to step on the next chapter of my life.
PS. I love this pic. a smile on my face indicates freedom, joy, thankful, and expectant!

-to be continued-

3 comments:

  1. sedaaaaaaap,,,,

    cant wait to see the next chapter of your life,, huhuhuhuy,,,

    tar bikin jugaaa aaaah,,, :p

    ReplyDelete
  2. aseeek nulis lagi, nulis bgs looh kaka scara psikologis katanya *sok teu...
    untung ya kk, bandel2 tapi berprestasi, aku sih SMP ama SMU anak alim, tapi prestasi biasa2 aja, paling keren rengking 3 doaaaang diSMP, hbs tu kelas 3 SMU rangking 21 ato 23 gt wkwkwkwk xD
    aheeeyyy ada diriku difoto itu *ga penting
    tulis2lah ttg khidupan diAussie kk, i want to know, what it's like living abroad..:D hehe

    ReplyDelete
  3. @jule : ayoo ju..., gw tunggu tulisan lu
    @echa : bagus buat psikologi?hehehe, boleh jg tuh...
    iya, aku ini bener2 krn kasih karunia. untung ktmu Tuhan Yesus. kalo kagak, bisa makin menjadi kyknya tuh bandelnya
    sip2,,, ntar aku tulis2 lg pengalaman hidup dsini deh

    ReplyDelete